19 Contoh Soal ANBK SMA 2022 dan Jawaban, Cocok Buat Latihan!

19 Contoh Soal ANBK SMA 2022 dan Jawaban, Cocok Buat Latihan!

19 Contoh Soal ANBK SMA 2022 dan Jawaban, Cocok Buat Latihan!

JAKARTA, celebrities.id – Contoh soal ANBK SMA 2022 dan jawaban dapat menambah referensi belajar kamu terkhusus para siswa sekolah tingkat menengah dalam menjawab soal-soal ujian nanti. 

Tujuan pelaksanaan ANBK sendiri adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi bagi peserta. Melalui ANBK, siswa dapat diukur sejauh mana kemampuan literasi membacanya. Hal ini tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

Selain itu, ANBK akan memaksimalkan analisis karakter peserta didik. Dengan ANBK, para siswa dapat dianalisa hasil belajar tingkat sosial dan emosionalnya. Analisa karakter peserta juga diukur dari beberapa aspek profil belajar pancasila. 

Adapun rencana pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK ini pada 29 Agustus-1 September 2022 di jenjang SMA, MA, SMK, MAK, SMALB dan Paket C.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (26/8/2022) telah merangkum contoh soal ANBK SMA 2022 dan jawaban, sebagai berikut.

Mengenal Ujian ANBK

Merujuk pada laman Kemendikbud, Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK merupakan program kementerian pendidikan tentang penilaian mutu sekolah, madrasah serta program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah.

Tujuan dari diadakannya ANBK yakni untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan dengan cara input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Proses pelaksanaan ANBK dapat dilakukan secara online dan offline. Para peserta yang berhak mengikuti ANBK merupakan siswa yang berada di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Sistem penilaian akan berfokus pada tindakan evaluasi input, proses dan output pelajaran yang telah melalui beberapa tahapan tertentu.

a. Numerasi

Sistem telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap dan jaringan bergerak. Dalam perkembangannya, telah terjadi pergantian sektor telekomunikasi dari yang awalnya menggunakan jaringan telekomunikasi berbasis kabel namun kebutuhan akan ases informarsi yang akurat telah menggeser moda telekomunikasi di Indonesia sejak tahun 2000an.

Mulai tahun 2000 sampai tahun 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dimodelkan oleh persamaan f(x) = 1,3x² + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 menggambarkan tahun 2000. Grafik di atas menunjukkan perkembangan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dibulatkan ke puluhan juta terdekat).

1. Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada…

a. tahun 2006
b. tahun 2007
c. tahun 2008
d. tahun 2009
e. tahun 2010

Jawaban : c

2. Jika dikaitkan antara jumlah penduduk di Indonesia dan grafik pengguna telepon seluler di atas, apa pendapatmu tentang pernyataan di bawah ini?

Jawaban : Benar, Salah, Benar

3. Berdasarkan grafik di atas, bagaimanakah kebenaran terhadap pernyataan berikut?

Jawaban : Salah, Salah, Salah

4. Banyak pengguna telepon seluler di Grafik pada tahun 2005 adalah …

a. 60.100.000 
b. 57.100.000 
c. 49.100.000 
d. 45.200.000 
e. 44.200.000 

Jawaban : d

5. Badan Geologi, Kementerian ESDM dan Mitigasi Bencana Geologi Sumatera Utara sedang mengamati ketinggian letusan awan panas gunung Sinabung pada hari tersebut. Puncak gunung terlihat pada sudut elevasi 30° sedangkan puncak letusan awan panas terlihat pada sudut elevasi 60°. Jika tinggi gunung Sinabung adalah 2.460 meter, maka tinggi letusan awan panas gunung tersebut dari puncak gunung adalah …. (nilai dari  = 1,73)

a. 1.796 meter 
b. 4.256 meter 
c. 4.260 meter 
d. 4.320 meter 
e. 4.920 meter

Jawaban: c

6. Pada saat bermain dilapangan, Ahmed melihat sebuah bayangan tiang bendera yang panjang. Kemudian Ihsan mulai berpikir berapakah tinggi tiang bendera tersebut? Apakah tinggi tiang bendera tersebut akan sama dengan panjang bayangannya? Lalu Ahmed mulai mengukur panjang bayangan tiang bendera tersebut menggunakan sebuah meteran. Akan tetapi, pada saat meteran menunjukkan angka 12,5 meter, Ahmed berhenti dan berdiri tegak, pada saat itu dia melihat bayangan ujung tiang bendera dan bayangan ujung kepalanya berada pada satu titik. Dari titik Ahmed berhenti, kemudian melanjutkan pengukuran hingga diperoleh panjang bayangan tiang bendera yaitu 13,5 meter. Jika tinggi badannya adalah 150 cm, maka tinggi tiang bendera tersebut akan mudah ditentukan dengan perbandingan trigonometri, yaitu …

a. sinus
b. cosinus
c. tangen
d. cotangen
e. cosecan

Jawaban: c

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!