Whatsapp Bakal Miliki Fitur Notifikasi Reaksi Pesan Seperti Facebook

jurnal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Whatsapp meluncurkan versi terbaru 2.21.24.8 ke saluran beta, mengungkap adanya fitur baru yakni notifikasi reaksi pesan. Laporan yang diterima nesabamedia.com, mengklaim bahwa fitur ini sedang dalam tahap pengembangan selama beberapa bulan ke depan. Seperti namanya, fitur ini seperti meniru pengalaman di aplikasi Facebook, di mana pengguna bisa memberikan reaksi pada sebuah komentar atau postingan dengan emoji atau karakter lainnya.

Sebelumnya, fitur tersebut secara tidak sengaja diaktifkan, namun kemudian dihapus dengan adanya versi Whatsapp beta 2.21.22.7. Whatsapp juga dikabarkan mengerjakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola notifikasi reaksi di aplikasi iOS. Fitur ini masih dalam tahap pengembangan saat ini, namun jangan berharap akan segera hadir di perangkat anda dalam waktu dekat.

Sumber tersebut mengatakan bahwa fitur ini direncanakan untuk dirilis pada pembaruan yang akan datang, jadi tidak ada estimasi atau perkiraan kapan fitur itu akan segera diluncurkan. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengelola notifikasi reaksi pesan untuk group maupun pesan individual.

Bulan lalu, dilaporkan juga bahwa ada fitur yang akan hadir di Whatsapp dalam versi beta 2.21.21.6 yang diketahui bernama Community. Fitur ini akan menjadi pelengkap dari Grup yang ada di Whatsapp dan bukan merupakan pengganti. Laporan terbaru menunjukkan bahwa Community itu akan berfungsi mirip dengan saluran dan komunitas yang ada di Discord.

Lebih lanjut, admin komunitas di Whatsapp akan bisa menggabungkan beberapa grup dalam sebuah komunitas. Admin juga bisa mengundang pengguna untuk bergabung dalam sebuah komunitas menggunakan tautan undangan khusus. Seperti yang diperkirakan, fitur ini juga akan mendukung enkripsi ujung ke ujung, yang menawarkan keamanan kelas atas yang sama dengan grup dan pesan individu.

Whatsapp saat ini menjadi salah satu aplikasi perpesanan instan terbesar di dunia. Namun sepertinya Meta ingin meningkatkan adopsinya lebih luas lagi, membuatnya tidak sekedar sebuah aplikasi untuk berkirim atau menerima pesan, atau hanya sekedar melakukan panggilan suara dan video saja.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.