Tren Ngemis Mandi Lumpur Ramai Dihujat, Ada Nenek yang Hampir Pingsan Pas Live

jurnal-rakyat.com – Tren ‘ngemis’ lewat siaran langsung di media sosial TikTok tengah ramai diperbincangkan publik. Berbagai kegiatan ekstrem dilakukan, salah satunya dengan mengguyur diri sendiri dengan air hingga mandi lumpur selama berjam-jam.

Aksi ini semakin membuat warganet geregetan setelah seorang nenek yang mengikuti siaran live mandi lumpur tersebut hampir pingsan karena menahan dingin. Live ini dilangsungkan lewat akun TikTok TM Mud Bath, pekan lalu.

Sama seperti live-live mandi lumpur kebanyakan, nampak seorang nenek yang duduk di sebuah kursi di tengah kolam berisi air keruh, sembari memegang gayung. Setiap ada penonton yang memberikan gift atau hadiah, nenek tersebut akan mengguyur dirinya dengan air sebanyak 1x.

Video ini diunggah oleh akun @ator*** yang sempat merekam siaran langsung tersebut. Dalam video tersebut, beberapa kali sang nenek tampak menggigil, dalam balutan pakaian yang basah kuyup.

Sekarang jam 6 pagi ibu ini sangat kedinginan. Kalian cek TikTok aku, orangnya beda-beda dan dalam satu akun mereka ganti-gantian. Sepertinya mereka disuruh dan dari raut mukanya mereka sebenarnya tidak mau, mereka seperti dipaksa,” bunyi keterangan pada unggahan tersebut, dikutip Rabu (11/01/2022).

Akun @ator*** tidak hanya mengunggah satu video berisi nenek tersebut. Ada segelintir video lainnya, salah satunya yang memuat keterangan bahwa nenek tersebut terlihat akan pingsan. Meski dalam video itu sang nenek tidak sampai pingsan, tetapi terlihat raut wajah sang nenek yang kelelahan disertai badan yang menggigil akibat diguyur air selama berjam-jam.

Hal ini sontak membuat warganet geram, hingga melayangkan kritikan pedas. Tidak sedikit dari mereka yang merasa iba dan khawatir dengan kondisi sang nenek yang cukup memprihatinkan.

Kasihan banget ya Allah,” komentar akun @iisl*****.

Masyaallah udah buk ntar sakit,” komentar akun @MB****.

Tidak hanya itu, sejumlah warganet menyoroti bahwa beberapa siaran lainnya juga berlatar tempat yang sama, namun dengan talent yang berganti-ganti. Para talent alias pemeran yang melakukan aksi tersebut kebanyakan ialah orang tua hingga lansia.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Tidak sedikit warganet yang menduga, para lansia ini dimanfaatkan anak hingga cucunya untuk ‘mengemis’ agar para penonton iba sehingga koin yang didapatkan akan lebih banyak. Bahkan, ada juga yang beranggapan bahwa ada sindikat yang mengorganisir aksi ini.

“Nggak mungkin ibu ini tahu TikTok cara live pasti disuruh anaknya,” komentar akun @keyl*****.

“Kolamnya sama tapi orangnya beda-beda apa satu keluarga atau disuruh dan bagi hasil,” komentar akun @han****.

“Jangan di gift, kasihan neneknya,” komentar akun @RM****.

Menurut aturan yang tertera pada live tersebut, setiap pemberian 1 koin, talent akan mengguyur dirinya sendiri menggunakan gayung sebanyak 1 kali. Sedangkan setiap pemberian 100 koin, talent akan mengguyur dirinya dengan bak atau baskom yang lebih besar.

Kemudian bila ada yang memberikan koin sebanyak 899, talent akan melakukan salto. Terakhir, jika ada yang memberi koin sebanyak 9.888, talent tersebut akan pulang atau menghentikan siaran langsungnya itu.

Diketahui, koin-koin tersebut diberikan oleh para penonton dalam bentuk gift. Gift ini bernilai sejumlah koin dan dapat ditukarkan dengan sejumlah uang asli.

Dikutip dari platform TikTok, Rabu (11/01/2023), media sosial ini menyediakan beberapa paket pembelian koin. Paling murah di mulai dari Rp 1.200 untuk sebanyak 5 koin + bonus 3 coin. Dari sana dapat diasumsikan, 1 koin TikTok bernilai sekitar Rp 240, tidak termasuk bonus koinnya.

Untuk gift-nya sendiri cukup beragam. Salah satu yang terkecil ialah bunga mawar yang harganya setara 1 koin. Sementara di jejeran termahal ada TikTok Universe seharga 34.999 koin. Dengan asumsi 1 koin senilai Rp 240, maka jika ada satu penonton yang memberikan gift TikTok Universe, content creator mendapat sekitar Rp 8,3 jutaan.

error: Content is protected !!