Seberapa Kuat Pundi-pundi Uang Ronaldo Jika Ditawari Beli MU?

jurnal-rakyat.com – Manchester United (MU) kembali bikin ‘kejutan’ buat para penggemarnya. Setelah menyatakan resmi berpisah dengan Cristiano Ronaldo, dewan direksi klub sepak bola berjuluk Setan Merah itu mengumumkan rencana menjual klub.

“Manchester United plc (NYSE:MANU), salah satu klub olahraga paling sukses dan bersejarah di dunia, mengumumkan bahwa Dewan Direksi Perusahaan memulai proses untuk menjajaki alternatif strategis bagi klub,” tulis pernyataan resmi MU, dikutip Kamis (24/11/2022).

Pemilik saham mayoritas Manchester United, keluarga Glazer kini terbuka untuk investasi dan penjualan klub. Keputusan itu diambil untuk meningkatkan pertumbuhan klub di masa depan dengan tujuan memanfaatkan peluang baik di lapangan maupun secara komersial.

Dilansir dari situs Dailystar, perkiraan sementara Keluarga Glazer menginginkan penawaran paling kecil sebesar 5 miliar poundsterling atau sekitar Rp 93,26 triliun (kurs Rp 18.653). Jumlah itu tergolong lebih rendah jika dibandingkan permintaan sebelumnya yang ingin saham MU dihargai lebih dari 8,4 miliar poundsterling atau Rp 156,68 triliun.

Peluang membeli MU terbuka bagi para calon investor yang tertarik. Hanya saja, dewan direksi menekankan syaratnya harus bisa membangun infrastruktur klub serta melebarkan sayap MU secara global.

“Termasuk pembangunan kembali stadion dan infrastruktur, perluasan operasi komersial klub dalam skala global, masing-masing dalam konteks meningkatkan kesuksesan jangka panjang pria, wanita, dan akademi klub, tim, serta membawa manfaat bagi penggemar dan pemangku kepentingan lainnya,” tulis dewan direksi MU.

Dengan pengalaman yang ada, Ronaldo mungkin memenuhi syarat untuk membeli klub sepak bola tersebut. Tetapi jika dilihat dari penghasilannya, apakah Ronaldo mampu memenuhi penawaran minimal Keluarga Glazer?

Dilansir dari Celebrity Net Worth, diperkirakan Ronaldo memiliki harta mencapai US$ 500 juta atau setara Rp 7,8 triliun (kurs Rp 15.600). Nilai itu masih jauh lebih rendah dibandingkan harga jual MU.

Dilansir dari Forbes, penghasilan bersih Ronaldo diperkirakan sekitar US$ 100 juta atau setara Rp 1,56 triliun. Angka itu menempatkan Ronaldo di posisi ketiga dalam daftar atlet sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia yang dirilis pada 2022.

Penghasilan bersih itu didapat dari bayaran di lapangan yang diperkirakan mencapai US$ 40 juta atau setara Rp 624 miliar. Lalu khusus di luar lapangan diperkirakan mencapai US$ 60 juta atau setara Rp 936 miliar yang berasal dari kontrak dengan brand ternama seperti Nike, Herbalife, dan Livescore.

Selain sumber pendapatan di atas, Ronaldo juga memiliki dan menjalankan bisnis merek pakaiannya sendiri, CR7. Dia juga memiliki hotel bermerek di bawah CR7 Line-nya melalui perusahaan Pestano Lifestyle Hotels.