PM Belanda Isyaratkan Kirim Bantuan Rudal Patriot Buatan AS ke Ukraina

jurnal-rakyat.com – Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Dalam pertemuan itu, Rutte mengisyaratkan ‘niatnya’ untuk mengikuti Jerman dalam pengiriman bantuan rudal pertahanan udara patriot buatan AS ke Ukraina.

“Kami memiliki niat untuk bergabung dengan apa yang Anda lakukan dengan Jerman dalam proyek patriots, sistem pertahanan udara. Saya pikir itu penting dan kami bergabung dengan itu,” kata Rutte kepada Biden di Gedung Putih dilansir AFP, Rabu (18/1/2023).

Rutte menambahkan bahwa dirinya juga telah membahas rencana pengiriman rudal patriot ke Ukraina itu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Jerman mengumumkan pada 5 Januari bahwa mereka mengikuti Amerika dalam mengirimkan salah satu baterai pertahanan rudal canggih ke Ukraina.

Rutte mengutip ‘rekaman mengerikan’ dari sebuah gedung apartemen yang dihancurkan oleh rudal Rusia yang kuat di kota Dnipro pada Sabtu lalu.

“Ini adalah gambar yang mengerikan dan saya pikir itu semakin memperkuat tekad kami untuk tetap bersama Ukraina,” ucap Rutte.

Biden memuji kontribusi Belanda untuk aliansi barat pimpinan AS yang mendukung Ukraina melawan invasi Rusia. “Rusia terus bertindak dengan cara yang hampir tidak bisa dipercaya,” ujar Biden.

Lihat Video: Rusia Rudal Apartemen di Dnipro, Belasan Orang Tewas

error: Content is protected !!