Pengguna Windows 11 di Steam Meningkat Signifikan

jurnal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Jumlah pengguna gamers Linux yang aktif di Steam terus meningkat berdasarkan survey perangkat keras terbaru yang dilakukan Valve pada bulan November, dan diketahui jumlahnya itu telah mencapai 1.16%. Di sisi lain, diketahui ada peningkatan yang cukup signifikan dari pengguna Steam yang mengadopsi Windows 11.

Sejak bulan April 2021 lalu, jumlah gamer Linux di Steam terus menunjukkan tren peningkatan, terhitung sudah dalam kurun waktu 7 bulan terakhir, dan menembus angka adopsi 1% pada 5 bulan yang lalu, dan terus berada diatas persentase itu setelahnya.

Namun pada bulan November, tercatat hanya sedikit peningkatan, yakni hanya 0.03%, namun meski begitu tetaplah sebuah peningkatan, menjadikan jumlahnya berada di angka 1.16% seperti yang dijelaskan di atas.

Kemungkinan peningkatan baru-baru ini merupakan efek dari hadirnya konsol Steam Deck, di mana membuat lebih banyak orang mencoba Steam di perangkat Linux sebagai platform game alternatif, sebelum perangkat konsol genggam itu diluncurkan. Nantinya, ketika Steam Deck benar-benar telah dirilis, akan bisa memicu angka adopsi ke tingkat yang lebih tinggi, meski itu tetap akan tergantung pada apakah Valve mencantumkan perangkat dengan Steam OS 3 dalam hitungannya atau tidak.

Perlu dicatat bahwa Steam OS 3 akan berbeda dengan Steam Machines, tetapi mengingat dorongan Valve yang cukup kuat dalam memasarkan Steam Deck, kemungkinannya sangat kecil jika perangkat dengan OS tersebut akan dimasukkan hitungan.

Ini adalah pertama kalinya pengguna Steam berbasis Linux menembus angka 1%, dan yang menarik adalah terakhir kali tren semacam ini terjadi yakni ketika Proton diluncurkan pertama kali oleh Valve. Diyakini, nantinya pengguna Steam di Linux akan bisa menembus angka 2%, melebih pengguna MacOS, yang saat ini menjadi platform nomor 2 di Steam, dengan 2.7%.

Tentu saja, platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna Steam adalah Windows, namun sebagian besar itu adalah Windows 10. Namun pada bulan November ini, sebuah perubahan besar terjadi, karena semakin banyak pengguna Windows yang beralih ke Windows 11.

Diketahui, dalam survei yang dilakukan pada bulan Oktober, pengguna Windows 11 di Steam jumlahnya sekitar 1.82%, dan kini tercatat telah menyentuh angka 8.28%, di saat Microsoft mendorong ketersediaan Windows 11 lebih luas pada pertengahan November lalu. Jika kecepatannya stabil, kemungkinan pada bulan Januari nanti, pengguna Windows 11 di Steam bisa mencapai sekitar 20%.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.