Pengguna Tidak Lagi Bisa Menghapus Mesin Pencari Default di Chromium 97

jurnal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Kebanyakan browser web pada umumnya hadir dengan satu atau lebih mesin pencari dan hal yang sama ada di browser berbasis Chromium seperti Microsoft Edge atau Google Chrome. Pengguna sebelumnya memiliki kemampuan untuk menghapus mesin pencari default dari pengaturan browser jika mereka tidak menginginkannya untuk alasan tertentu.

Pada pembaruan Chromium versi 97 terbaru, sayangnya telah terjadi perubahan pada pengaturan tersebut, dan opsi untuk menghapus mesin pencari default itu tidak lagi tersedia. Berikut ini adalah gambar perbandingan sebelum dan sesudah dari Microsoft Edge yang menunjukkan bahwa opsi untuk menghapus mesin pencari default telah dihilangkan, sementara opsi Make Default dan Edit masih ada.

Informasi ini pertama kali ditemukan oleh akun Reddit bernama lordcheeto pada utas yang sama, dan sepertinya opsi menghapus mesin pencari default itu dihilangkan oleh Chromium karena pengembangnya meyakini bahwa menyingkirkan fitur itu akan lebih bermanfaat bagi pengguna akhir.

Utas itu pun rupanya mendapatkan tanggapan langsung dari pengembang Chromium bernama jdonnelly yang mengatakan:

“Saat ini anda bisa menghapus mesin pencari bawaan seperti Google, Bing ataupun Baidu dalam dua kali klik saja. Melakukan hal ini justru akan bisa merusak, bahkan jika anda mengetahui cara untuk menambahkan mesin pencari itu kembali, anda tidak akan bisa menyetel rekomendasi, halaman tab baru atau URL khusus lainnya.

Kemampuan menghapus ini seharusnya dipersulit, atau dihilangkan sama sekali untuk mencegah adanya kesulitan seperti yang dijelaskan di atas, dan kami memilih opsi kedua, yakni dengan menghilangkan fitur tersebut,” jelas Jdonnelly.

Namun meski perubahan ini sebenarnya memiliki maksud yang baik, namun banyak pengguna yang mengeluh mengenai masalah baru yang ditimbulkan.

Misalnya, salah satu pengguna bernama Filipa Nunes di forum Google Chrome mengatakan bahwa mesin pencari default miliknya secara otomatis beralih ke Yahoo, meski dirinya mencoba untuk menyetelnya ke mesin pencari lainnya. Banyak pengguna lainnya mengeluhkan masalah yang sama.

Sepertinya, opsi menghapus mesin pencari default ini bisa saja akan dikembalikan pada Chromium versi 98 atau 99 yang lebih baru, sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.