Microsoft Tambahkan Tab Untuk File Explorer di Windows 11, Namun Disembunyikan

jurnal-rakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Dalam Windows 11 Build 22572 yang baru saja dikirimkan, Microsoft menawarkan serangkaian peningkatan dan perbaikan untuk diuji para pengguna di program Windows Insider.

Ada beberapa perubahan yang mendapat sambutan hangat, namun semuanya tidak ada yang inovatif. Meski demikian, para pengguna dengan cepat menemukan bahwa Microsoft menyembunyikan beberapa perubahan yang pada dasarnya sangat menarik di Build tersebut.

Banyak pengguna Windows yang meminta Microsoft untuk membawa fungsi Tab pada File Explorer sejak bertahun-tahun yang lalu, namun tidak membuahkan hasil. Pada tahun 2017, Microsoft akhirnya memberikan Windows Sets, yang menambahkan antarmuka Tab ke versi pratinjau dari Windows 10. Sayangnya setelah pengujian, Microsoft mematikan Windows Sets itu, dan sampai sekarang tidak ada Tab di File Explorer.

Sepertinya, Microsoft mencoba untuk menggali kembali ide-ide yang terkubur di masa lalu, dan Windows 11 akhirnya akan mendapatkan antarmuka Tab di File Explorer. Fungsi ini ditemukan tersembunyi oleh akun Twitter, Rafael Rivera yang mengungkap bahwa pengguna bisa mengaktifkan Tab di File Explorer pada Windows 11 Build 22572.

https://twitter.com/WithinRafael/status/1501675774847246337

Meski pihak Microsoft sendiri belum secara resmi mengumumkan Tab di File Explorer tersebut, fitur itu terlihat sangat menjanjikan. Ini bekerja seperti yang diharapkan banyak orang, dan bahkan ada dukungan Tab Overflow, di mana File Explorer menampilkan tombol tambahan untuk menggulirkan Tab ketika pengguna membuka terlalu banyak Tab.

Namun perlu dicatat bahwa mengaktifkan fitur yang tersembunyi di Windows 11 mungkin akan menyebabkan terjadinya masalah pada software, jadi apabila anda tidak memiliki perangkat komputer lain atau mesin virtual, sebaiknya hindari untuk mengaktifkan fitur tersembunyi itu. Lebih baik untuk menunggu Microsoft memberikan pengumuman resmi.

Sementara sebagai penghilang rasa penasaran akan fitur baru Tab di File Explorer yang disembunyikan itu, anda bisa menggunakan alat pihak ketiga untuk menampilkan Tab di File Explorer seperti Files App atau Groupy. Kedua alat tersebut menawarkan Tab dan fitur tingkat lanjut lainnya yang tidak ada di File Explorer bawaan Windows.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.