Kenapa Dashboard Prakerja Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

jurnal-rakyat.com – Dashboard Prakerja adalah halaman awal untuk mengakses berbagai layanan program kartu Prakerja di situs web “Prakerja.go.id”, seperti pendaftaran gelombang pelatihan, mengganti nomor telepon, dan sebagainya.

Setelah login akun Prakerja di “Prakerja.go.id”, peserta idealnya bakal menuju langsung ke halaman dashboard. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa saja terjadi masalah dashboard Prakerja tidak bisa dibuka.

Adapun tanda dari masalah tersebut adalah situs web tidak langsung menampilkan halaman dashboard, melainkan hanya memuat halaman putih kosong dengan tulisan “Mohon Menunggu”.

Dengan adanya masalah dashboard Prakerja tidak bisa dibuka, peserta bakal terkendala saat hendak mengakses beberapa layanan program kartu Prakerja seperti yang disebut di atas. Lantas, kenapa dashboard Prakerja tidak bisa dibuka?

Berdasar pengalaman KompasTekno, dashboard Prakerja tidak bisa dibuka bisa terjadi lantaran perangkat (ponsel atau laptop) yang digunakan untuk mengakses situs web “Prakerja.go.id”, tidak terhubung dengan koneksi internet yang memadai.

Selain disebabkan koneksi internet yang tidak memadai, terdapat pula beberapa kemungkinan yang membuat dashboard Prakerja tidak bisa dibuka. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penyebab dashboard Prakerja tidak bisa dibuka.

Penyebab dashboard Prakerja tidak bisa dibuka

    Perangkat terhubung dengan koneksi internet yang tidak memadai

    Terdapat bug pada aplikasi browser yang digunakan

    Tidak mengaktifkan izin lokasi untuk situs web “Prakerja.go.id”.

Dengan beberapa penyebab di atas, lantas bagaimana cara mengatasi dashboard Prakerja tidak bisa dibuka? Simak, penjelasan cara mengatasi dashboard Prakerja tidak bisa dibuka di bawah ini.

Cara mengatasi dashboard Prakerja tidak bisa dibuka

    Coba untuk hubungkan ulang koneksi internet yang tersambung di ponsel atau laptop. Caranya, silakan nyalakan mode pesawat sekitar 30 detik, kemudian matikan. Tunggu sesaat hingga perangkat tersambung dengan koneksi internet.

    Untuk membersihkan bug pada aplikasi browser, caranya bisa dengan menghapus data cache. Cara menghapus data cache browser bisa berbeda-beda di tiap perangkat. Umumnya, menghapus data cache bisa dilakukan di menu pengaturan browser.

    Aktifkan izin lokasi pada situs web “Prakerja.go.id”. Caranya juga bisa berbeda-beda tiap perangkat. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, silakan baca di artikel ini “Cara mengaktifkan izin lokasi situs web Prakerja”.

Bila dengan cara di atas kendala masih terjadi, silakan hubungi Call Center Prakerja di nomor “08001503001” (tanpa tanda kutip). Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi dashboard Prakerja tidak bisa dibuka, semoga bermanfaat.