Kedepankan Bisnis Berkelanjutan, CFO BNI Raih Penghargaan

jurnal-rakyat.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menjadi bank yang sukses menjalankan proses transformasi sambil tetap mempertahankan tren pertumbuhan kinerja di masa pemulihan ekonomi.

Dalam hal ini, Chief Financial Officer (CFO) pun memainkan peran penting dalam proses penjagaan stabilitas dan akselerasi pertumbuhan kinerja sebuah perusahaan.

Atas landasan itulah, CFO BNI masuk ke dalam radar para pemerhati bisnis. Kali ini, BNI meraih penghargaan Indonesia Best CFO 2022 yang diselenggarakan oleh SWA Media dan Swanetwork.

Penilaian atas kinerja CFO ini dilaksanakan setiap tahun. Dan tahun 2022 ini telah memasuki tahun ke – 10.

Penghargaan ini spesifik diberikan kepada Direktur Finance BNI Novita Widya Anggraini. Penghargaan tersebut diterima oleh Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo, Kamis (17/11/2022).

Dalam keterangan tertulisnya, Novita menuturkan, di era yang penuh tantangan ini, perbankan perlu mengedepankan bisnis berkelanjutan. Oleh karena itu, CFO mengambil peran sangat krusial dalam hal keberlangsungan bisnis yang dikenal dengan Environment, Social, Governance (ESG).

Terlebih, ESG berperan besar terhadap pertumbuhan pendapatan karena saat ini investor di pasar global dalam berinvestasi.

“Award ini menjadi motivasi bagi seluruh tim BNI dalam melakukan transformasi yang sudah dilakukan selama ini. Alhamdulillah, setelah pandemi, kami bisa tetap mempertahankan kinerja positif guna mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Di samping itu, menurutnya BNI menekankan pada tiga produk agar bisa tetap menjalankan bisnis secara berkesinambungan dengan fokus pada digital strategi, yaitu Mobile Banking untuk customer ritel, BNIDirect untuk nasabah korporasi, serta BNI Xpora yang menghubungkan ekosistem UMKM go ekspor dan diaspora.

Dengan demikian, perseroan berharap ke depan lebih banyak nasabah UMKM bisa melakukan lompatan-lompatan sehingga bisa memberikan yang terbaik di bidangnya.

Saat menyerahkan penghargaan, Group Chief Editor SWA Media Kemal E Ghani mengatakan, lewat ajang ini Swa Media berusaha mencari CFO terbaik di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai best practices, melahirkan berbagai strategi dan terobosan di bidang keuangan terutama untuk mendongkrak bisnis, restrukturisasi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pendanaan dan kolaborasi dengan calon mitra,” katanya.

“Para pemenang Best CFO 2022, selama 2 tahun terakhir, mereka mampu membuktikan dan berhasil melewati masa-masa yang berat akibat Pandemi Covid-19. Melalui berbagai inisiatif, mereka telah berkontribusi besar menyelamatkan perusahaan dari krisis sehingga dapat terus bertumbuh,” pungkasnya.***