Kapal Perang Rusia dengan Rudal Hipersonik Latihan Bareng China-Afsel

jurnal-rakyat.com – Kapal perang Rusia yang dilengkapi rudal hipersonik Zircon akan ikut dalam latihan militer bersama dengan Angkatan Laut China dan Afrika Selatan (Afsel). Rencana latihan militer bersama itu diumumkan saat Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Lavrov sedang melakukan kunjungan ke kawasan Afrika.

Seperti dilansir CNN, Rabu (25/1/2023), Kementerian Pertahanan Rusia dalam pengumumannya menyebut latihan bersama China dan Afsel itu dijadwalkan akan digelar awal bulan depan dengan lokasi di lepas pantai Afsel.

Kantor berita Rusia, TASS melaporkan bahwa kapal perang Rusia jenis frigate dengan nama Laksamana Gorshkov itu, dikerahkan sejak 4 Januari lalu dan telah menjalani latihan pertahanan udara di Laut Norwegia sebelum berlayar ke perairan Samudra Atlantik.

Menurut komandan kapal perang itu, Laksamana Gorshkov dipersenjatai dengan rudal hipersonik Zircon dan sebuah uji coba telah digelar secara sukses pada Rabu (25/1) waktu setempat.

“Hari ini, latihan tempur pada kapal digelar untuk mempraktikkan peluncuran serangan rudal terhadap sebuah target musuh di permukaan. Senjata hipersonik Tsirkon (Zircon) dikerahkan hingga jarak melebihi 900 kilometer,” tutur Kapten Rank Pertama Igor Krokhmal dalam video yang dirilis Kementerian Pertahanan.

“Dalam skenario kami, peluncuran elektronik dan upaya tim tempur pada kapal mengonfirmasi karakteristik desain sistem rudal yang ditunjukkan selama uji coba awal dan utama,” imbuhnya.

Krohkmal menambahkan bahwa target peluncuran rudal elektronik telah dicapai sepenuhnya.

Lihat juga video ‘Rusia Rudal Apartemen di Dnipro, Belasan Orang Tewas’:

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Kapal perang Laksamana Gorshkov merupakan kapal frigate multiguna yang bergabung dengan Angkatan Laut Rusia sejak tahun 2018.

Kapal perang ini secara aktif terlibat dalam uji coba rudal hipersonik Zircon yang menjadi ‘terobosan’ Rusia, yang dirancang dan diproduksi oleh Asosiasi Penelitian dan Produksi Perakitan Mesin — bagian dari Korporasi Rudal Taktis Rusia.

Menlu Lavrov diketahui tengah melakukan kunjungan ke kawasan Afrika saat pengumuman rencana latihan bersama ini diumumkan. Lavrov mengunjungi Afrika Selatan pada Senin (23/1) dan dijadwalkan berkunjung ke Angola pada Rabu (25/1) waktu setempat.

error: Content is protected !!