Google dan Samsung, Gandeng iFixit Dalam Layanan Perbaikan Perangkat Smartphone

jurnal-rakyat.com – Google telah mengumumkan kerjasama baru dengan iFixit yang memungkinkan akses ke perbaikan perangkat yang aman, apabila smartphone Pixel pengguna mengalami kerusakan. Langkah Google ini mengikuti langkah Samsung baru-baru ini, yang menjalin kemitraan dalam bidang yang serupa.

Kemitraan ini akan menjadikan suku cadang Google asli tersedia untuk dibeli di iFixit untuk smartphone Pixel, dari Pixel 2 sampai dengan Pixel 6. Program ini juga akan mencakup model smartphone Pixel masa depan, dan mencakup suku cadang perbaikan umum seperti baterai, layar dan kamera.

Barang-barang ini bakal tersedia secara individual atau dalam bentuk paket kit yang akan mencakup alat-alat seperti mata obeng dan spudger. Suku cadang akan tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Uni Eropa dan negara lain tempat Pixel bisa didapatkan.

Google mengatakan bahwa kemitraan ini adalah bagian dari tujuan untuk meningkatkan kemampuan perbaikan perangkat mereka, sehingga diharapkan mampu memperpanjang masa pakai dan kegunaanya serta memungkinkan pelanggan membuat pilihan yang tepat dan berkelanjutan.

Dalam pengumuman yang sama, Google mengatakan bahwa mulai tahun ini, 100% produk perangkat keras yang mereka produksi akan menyertakan bahan daur ulang dengan dorongan untuk memaksimalkan konten daur ulang semaksimal mungkin.

Mereka juga menjelaskan soal strategi dan langkah-langkah mereka menuju 100% penjualan netral karbon dari produk perangkat keras ke pelanggan, serta berupaya untuk mencapai sertifikasi Zero Waste pada tahun 2022 ini, serta pengemasan bebas plastik pada tahun 2025.

Di lain pihak, Samsung juga mengumumkan program kemitraan serupa dengan iFixit pada bulan Maret lalu, dan detail lebih lanjut akan diungkap perusahaan dalam beberapa hari ke depan, yang akan menjelaskan apa saja yang bisa diharapkan pelanggan dari kemitraan ini.

Adapun, program perbaikan Android ini seperti mengikuti langkah yang digagas oleh Apple dan Microsoft, di mana keduanya mengumumkan sebuah program layanan mandiri dalam beberapa bulan yang lalu. Microsoft juga tengah bekerja sama dengan iFixit dan telah menjadikan peralatan perbaikan resmi Microsoft Surface, tersedia untuk penyedia layanan tertentu.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.