Fitur Eksperimental Peek di Windows 11 Mirip Dengan Yang Ada di MacOS

jurnal-rakyat.com – Microsoft dilaporkan sedang bereksperimen dengan sebuah fitur Windows 11 yang baru, yang akan terasa sangat familiar bagi para pengguna macOS. Fitur baru ini bernama Peek, dan pada dasarnya ini adalah Quick Look untuk Windows.

Fitur Quick Look tersebut memungkinkan pengguna macOS untuk melakukan pratinjau file, termasuk foto, video dan dokumen, dengan menekan tombol Space ketika file sedang dipilih. Fitur ini akan sangat berguna ketika anda sedang mencari sebuah gambar tertentu, atau hanya ingin melihat spreadsheet secara sekilas.

Dikabarkan juga bahwa fitur Peek ini juga akan hadir ke PowerToys, sebuah proyek sumber terbuka di mana Microsoft bisa merilis fitur eksperimental yang dimaksudkan untuk pengguna tingkat lanjut, yang kemudian memungkinkan pengguna Windows 10 dan 11 mengalami sendiri fitur yang mirip Quick Look itu.

Fitur tersebut sepertinya pada awalnya ditujukan sebagai prototipe internal atau eksperimen semata. Namun kemudian Microsoft tampaknya tertarik soal ide yang bisa dengan cepat melakukan peninjauan terhadap file tertentu dan kemudian mengintegrasikannya ke build internal dari Microsoft PowerToys.

Peek nantinya akan menggunakan aplikasi Photos bawaan yang ada di Windows 11 untuk merender gambar ketika pengguna memilih sebuah gambar dan menekan tombol yang memicu fitur tersebut, yang secara default itu adalah pintasan Shift+Space. Menekan pintasan itu lagi atau menekan tombol Enter, akan menghilangkan pratinjau.

Quick Look memiliki fungsionalitas yang mirip, namun pada versi terbaru macOS, fitur tersebut juga menawarkan akses mudah ke peralatan penyuntingan dasar, menu Share, dan kemampuan untuk membuka file yang sudah ditinjau sebelumnya dengan aplikasi terkait. Sementara itu Peek, setidaknya dalam versi yang ada saat ini, sepertinya tidak menawarkan kemampuan tingkat lanjut seperti itu.

Perlu dicatat lagi, bahwa fitur Peek ini masih menjadi sebuah prototipe, dan tidak jelas apakah fitur ini nantinya akan dirilis ke pengguna publik atau tidak. Namun, jika melihat pada fungsionalitas yang hampir mirip, File Explorer juga memilikinya dengan fitur Panel Pratinjau bawaan.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.