Deretan Fitur Windows 11 Baru Yang Diungkap di Event Hybrid Work

jurnal-rakyat.com – Windows 11 versi 22H2 akan tiba pada akhir tahun ini, dan pembaruan tersebut tidak akan menjadi sebuah rilisan berskala besar, namun akan ada beberapa peningkatan dan perbaikan bug. Selama event Hybrid Work, Microsoft secara resmi membagikan teaser mengenai fitur baru yang akan datang ke Windows 11.

Perlindungan Phishing

Salah satu fitur baru tersebut akan meningkatkan perlindungan phishing yang sudah ada di Windows 11. Pada versi 22H2, Microsoft Defender SmartScreen akan mendapatkan peningkatan dan perlindungan signifikan dari chipset sampai ke layanan awan, dengan mengkombinasikan hardware dan software modern.

Fitur ini menggunakan Microsoft Defender SmartScreen untuk memperingatkan pengguna ketika mereka mencoba menyimpan kata sandi dalam aplikasi teks dasar, seperti Notepad.

Fitur ini juga akan memperingatkan pengguna apabila mereka secara tidak sengaja memasukkan kata sandi akun Microsoft ke situs yang diduga situs penipuan.

File Explorer

File Explorer akan mendapatkan dukungan untuk Tab di Windows 11 versi 22H2. Dengan dukungan baru ini, anda akan bisa mengelola folder atau direktori dengan mudah dan pengalaman yang ditawarkan akan mirip dengan Tab yang ada di browser Microsoft Edge.

Microsoft juga mengerjakan sebuah sidebar modern yang bernama Home, dan ini akan menampung beberapa opsi seperti This PC. Pembaruan juga akan meningkatkan integrasi OneDrive di File Explorer, dan itu akan membuatnya menjadi lebih mudah untuk menemukan apa yang sedang dicari pengguna. Memungkinkan pengguna untuk melihat semua file dalam satu tempat yang dipusatkan.

Selain itu, Microsoft juga sedang menguji coba fitur sugesti kontekstual. Ini akan memudahkan pengguna untuk berbagi file dengan kontak mereka.

Widget Layar Penuh

Seperti yang sudah nesabamedia.com informasikan sebelumnya, Windows 11 juga hadir dengan papan widget, di mana anda bisa membaca berita yang telah dipersonalisasi, pembaruan cuaca dan berinteraksi dengan widget berbasis web dari aplikasi seperti Microsoft Store.

Papan widget saat ini muncul di sebelah kiri layar, namun ini akan diubah dalam waktu dekat. Selama event, Microsoft membagikan tampilan widget layar penuh. Namun tidak diketahui kapan fitur ini akan dihadirkan ke publik.

Suggested Actions

Fitur baru lainnya adalah Suggested Actions, yang akan menjadi sebuah fitur yang sangat berguna di aplikasi seperti Microsoft Teams. Dengan fitur baru ini, anda bisa menyorot tanggal di pesan Teams dan Windows akan merekomendasikan tindakan yang mungkin dibutuhkan.

Misalnya, jika anda menyorot sebuah tanggal, anda akan melihat rekomendasi untuk membuat sebuah event di Microsoft Calendar pada hari itu.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.