Cara Mengganti Nomor HP yang Terdaftar di Akun Prakerja dengan Mudah

jurnal-rakyat.com – Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang diselenggarakan pemerintah kepada masyarakat yang tengah mencari kerja. Supaya bisa mengikuti program itu, masyarakat perlu daftar akun Prakerja di situs web “Prakerja.go.id”.

Dalam pendaftaran akun Prakerja, terdapat beberapa data diri yang wajib disertakan, salah satunya seperti nomor handphone (HP). Data nomor telepon sendiri dipakai sebagai sarana untuk menerima SMS berisi informasi hasil seleksi gelombang pelatihan Prakerja.

Oleh karena itu, nomor telepon yang didaftarkan pada akun Prakerja harus aktif. Seandainya sudah tidak aktif atau hangus, lalu apakah nomor HP di akun Prakerja bisa diganti? Di “Prakerja.go.id”, sejatinya tersedia fitur ubah nomor telepon akun Prakerja.

Lantas, bagaimana cara mengubah nomor telepon di akun Prakerja? Untuk ubah nomor telepon akun Prakerja, peserta bisa mengunjungi menu “Profil” pada halaman dashboard “Prakerja.go.id”.

Penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara mengganti nomor HP di akun Prakerja bisa di baca di bawah ini.

Cara mengganti nomor HP di akun Prakerja

    Silakan login akun Prakerja di situs web “Prakerja.go.id”.

    Bila berhasil masuk ke halaman dashboard, pilih menu “Profil”.

    Selanjutnya, cara data nomor telepon dan pilih opsi “Ubah”.

    Situs web bakal menampilkan informasi nomor HP yang telah terdaftar di akun Prakerja.

    Pada kolom di bawah informasi nomor HP terdaftar tersebut, masukkan nomor HP baru yang masih aktif. Setelah itu, klik opsi “Lanjutkan”.

    Terakhir, masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP baru tersebut melalui SMS, lalu pilih opsi “Verifikasi”.

Dengan mengetuk opsi itu, kini nomor HP di akun Prakerja telah berhasil diganti. Cukup mudah bukan untuk ubah nomor telepon akun prakerja?

Sebagai informasi tambahan, dikutip dari laman resmi Prakerja, supaya bisa ganti nomor HP, pastikan juga telah memutuskan akun e-wallet (dompet digital) dengan akun Prakerja terlebih dahulu bila sebelumnya tersambung.

Memutuskan akun e-wallet dengan akun Prakerja bisa dilakukan melalui menu “Insentif” pada halaman dashboard “Prakerja.go.id”. Setelah itu, klik opsi “Atur” pada akun e-wallet yang tersambung dengan akun Prakerja. Terakhir, klik opsi “Putuskan Rekening”.

Demikianlah penjelasan seputar cara mengganti nomor HP di akun Prakerja dengan mudah, semoga bermanfaat.