Berhenti Jadi Orang Beracun, Ini 5 Tips Melepas Rasa Posesif dan Protektif pada Pasangan

jurnal-rakyat.com – Jakarta Berada dalam hubungan baru bisa menjadi perasaan yang menggembirakan. Ini juga merupakan saat ketika Anda menjalin komitmen satu sama lain dan menantikan masa depan yang berkembang bersama dalam suatu hubungan. Ini adalah saat ketika kamu membuang rasa tidak amanmu dan membuka diri untuk pasangan. Tetapi proses ini dapat memunculkan perasaan baru, dan salah satunya mungkin sikap posesif, yang bisa menjadi masalah yang tidak diinginkan di dalam hubungan.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantumu mengatasi perasaan terlalu protektif dan posesif terhadap pasanganmu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jangan Ikut Campur Urusan Pasangan

Cobalah yang terbaik untuk tidak mencampuri urusan pasanganmu jika kamu dapat membantunya. Ingatlah bahwa mereka memiliki kehidupan yang berkembang sebelum mereka bertemu denganmu dan kamu harus melakukan yang terbaik untuk memperbaikinya daripada membatasi mereka dengan cara apa pun. Ini adalah satu-satunya cara untuk membangun hubungan yang sehat.

2. Jangan Menjadi Terlalu Bawel

Alih-alih merasa bawel, cerewet atau pemarah dan memberi mereka perlakuan diam karena mereka meninggalkanmu sendirian untuk bergaul dengan teman atau keluarga mereka, akan bijaksana untuk melihat akar masalahnya. Gunakan pendekatan langsung dan bicarakan dengan mereka tentang apa yang kamu rasakan. Mengekspresikan emosimu dapat membantumu menghindari pasif agresif dalam hubungan.

3. Jadilah Sistem Pendukung

Jika pasanganmu telah mengeluh bahwa kamu telah mengisolasi mereka, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa kamu sendiri memiliki sistem pendukung yang sehat dan lingkaran teman di luar pasanganmu.

4. Hindari Menunduh

Hindari menuduh mereka berbohong kepadamu atau membuat mereka merasa bertanggung jawab kepadamu dalam situasi apa pun. Ingatlah bahwa tuduhan tak berdasar hanya akan membantu menjauhkan mereka darimu dan mendorongnya lebih jauh yang bisa menjadi awal dari akhir hubunganmu.

5. Bergaul dengan Teman-temanmu

Luangkan waktu yang sama untuk bergaul dengan teman-temanmu, sehingga kamu tidak ingin mendapatkan semua perhatian dan waktu pasanganmu sepanjang waktu. Pertahankan persahabatan dan asah agar kamu tidak berada dalam hubungan yang saling ketergantungan.

Jika kamu menemukan bahwa perasaan posesif tidak mereda meskipun telah mencoba beberapa metode ini, mungkin sudah saatnya untuk mencari nasihat dari terapis yang dapat membantumu menemukan perbaikan yang langgeng.

#WomenforWomen