Ada Bus Shalawat, Ini Daftar Layanan Haji 2022

Ada Bus Shalawat, Ini Daftar Layanan Haji 2022

Senin, 11 Juli 2022 – 14:01 WIB

VIVA Nasional – Supaya pelaksanaan haji 1443H/2022 berjalan lancar, Kementerian Agama khususnya bagian Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) memberikan sejumlah layanan bagi jemaah haji baik ketika masih di indonesia maupun saat di Tanah Suci. 

Berbagai fasilitas dan layanan pun dikembangkan serta terus diperbaiki dari tahun ke tahun. Hal tersebut dilakukan agar jemaah haji lebih nyaman sehingga dapat melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik. Selain itu, jika jemaah memiliki kendala, dengan adanya pelayanan yang lebih baik tentu kendala bisa teratasi lebih cepat.

Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief mengatakan layanan dan fasilitas jemaah haji 2022 secara garis besar terdiri dari dua kategori. Mereka adalah layanan dalam negeri serta layanan luar negeri semalam jemaah berada di Arab Saudi.

Layanan dalam negeri

Ada Bus Shalawat, Ini Daftar Layanan Haji 2022

Kemenag melakukan pengecekan Asrama Haji Pondok Gede.

Jemaah yang sudah dipastikan berangkat akan mendapatkan layanan berupa asrama haji saat keberangkatan dan kepulangan. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, selama 1 x 24 jam jemaah akan menginap di asrama haji dan memperoleh pemeriksaan akhir kesehatan, gelang identitas, paspor, uang saku, dan pemantapan manasik haji. Untuk tahun ini, uang saku yang diberikan kepada setiap jemaah haji sebesar 1500 riyal atau sekitar Rp5,8 juta.

Jemaah akan menerima konsumsi tiga kali makan dan dua kali makanan ringan atau snack di asrama haji sebelum keberangkatan. Sementara saat kembali ke Indonesia, jemaah akan mendapatkan satu kali makanan ringan.

Layanan selama di Tanah Suci

Jenis layanan jemaah selama di Arab Saudi terbagi menjadi tiga yaitu akomodasi, konsumsi, serta transportasi. Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid membeberkan bahwa fasilitas akomodasi dilihat dari kualitas hotel, jaraknya dari Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah, wilayah, harga, kemudahan akses Bus Shalawat, serta distribusi katering.

Bus Shalawat sendiri merupakan layanan bus yang mengantar jemaah haji dari penginapan ke Masjidil Haram di Mekah dan sebaliknya. Bus yang dihadirkan pun tergolong keluaran terbaru dari tahun 2017 sampai 2021. 

Bus Shalawat dan Petugas Siap Layani Jemaah haji Indonesia di Makkah

Bus Shalawat dan Petugas Siap Layani Jemaah haji Indonesia di Makkah

Hotel para jemaah di Mekah terbagi menjadi lima wilayah: Mahbas Jin, Syisyah, Raudhah, Jarwal, dan Misfalah. Saat di Madinah hotel jemaah ada di wilayah Markaziyah atau kawasan terdekat dari Masjid Nabawi.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!