7 Tipe MBTI yang Dikenal Paling Dingin, Cuek dan Pendiam

jurnal-rakyat.com – Kalau kamu suka scrolling sosial media, pasti sering menemukan postingan yang membahas tentang kepribadian seorang individu, entah dikaitkan dengan zodiac atau pun golongan darahnya. Penilaian kepribadian ini juga bisa dilihat dari tipe MBTI seseorang.

MBTI atau The Myers-Briggs Personality Type Indicator merupakan salah satu tes yang dirancang untuk mencari tahu tipe kepribadian, preferensi, hingga kekuatan dan kelemahan seorang individu. Dalam tes ini juga tipe kepribadian terbagi dalam 16 jenis.

Enggak cuma sifat dasarnya, konon perilaku sesorang juga bisa dinilai dari hasil tes ini, lho. Nah, kalau kamu penasaran jenis MBTI apa saja yang punya karakter cenderung cuek dan dingin saat berinteraksi dengan lingkungannya, Kamini punya informasinya. Yuk, simak!

1. INTJ

Tipe kepribadian yang hanya dimiliki kurang dari 4% populasi dunia ini juga tekenal sebagai “Raja/Ratu Es”. Seseorang dengan tipe kepribadian INTJ sangat mengagungkan pikiran rasional dan bakal otomatis mengabaikan sesuatu yang berhubungan dengan perasaan ketika menilai sesuatu.

Tapi bukan berarti seorang INTJ akan selalu mengabaikan perasaan orang lain, ya. Malah, dia bisa jadi teman curhat yang menyenangkan karena sifat logis tersebut. Dia juga bisa menjadi pendengar yang baik walau kamu mengoceh tentang masalahmu berjam-jam padanya.

Namun, seorang INTJ lebih suka menutup diri dan menyimpan masalah pribadinya dari orang lain. Dia juga bisa jadi sangat dingin dan cuek pada hal-hal yang dianggap kurang penting, apalagi bila hal tersebut enggak berdampak langsung pada dirinya.

2. ISTJ

ISTJ merupakan salah satu individu yang menjunjung tinggi kejujuran dalam hidupnya. Seseorang dengan tipe kepribadian ini juga enggak gampang tersinggug oleh orang lain dan malah lebih milih untuk mengabaikannya.

Kejujuran yang dimiliki ISTJ juga bikin dia suka seenaknya ketika berbicara dan akhirnya sering bikin orang lain merasa enggak nyaman. Inilah yang bikin dia jadi cenderung pendiam dan dingin. Dia enggak mau perkataan dan perilakunya menyakiti orang lain, sehingga dia membatasi interaksi tersebut.

Meski begitu, seorang ISTJ tetap sangat perhatian pada orang-orang yang dia sayangi, lho. Bahkan dia selalu berusaha buat orang-orang kesayangannya bahagia. Sayangnya, kalau merasa dikhianati dan disakiti oleh mereka, ISTJ enggak akan segan-segan untuk mengakhiri hubungan.

3. ISTP

Terkenal sebagai salah satu tipe kepribadian yang misterius karena sulit untuk dimengerti. ISTP merupakan seorang introvert sejati dan suka menyimpan masalah pribadi untuk diri sendiri. Kebiasaan enggak suka sharing inilah yang bikin ISTP terkesan dingin. Dia bahkan lebih memilih diam daripada basa-basi.

ISTP lebih mengutamakan logika dibandingkan perasaan, yang mana bikin dia kurang peka terhadap lingkungan sekitar dan lebih suka menyendiri. Tapi, karena ini juga dia jadi cenderung enggak gampang tersakiti dan tersinggung oleh orang lain.

Ketika disakiti oleh orang kesayangannya, seorang ISTP bakal mencoba memahami situasi dan memaafkan. Alhasil, dia enggak bakal tenggelam dalam emosi dan mencoba untuk memikirkan hal lain yang mana bikin dia bisa cepat move on.

4. ESTJ

Seorang ekstrovert tapi cuek? Yup, betul, seorang ESTJ contohnya. Meskipun ekstrovert, seseorang yang punya tipe kepribadian ESTJ bisa jadi cuek terutama ketika berada di dekat orang yang terlalu emosional. Hal ini bukan karena dia enggak peduli, tapi dia enggak mengerti bagaimana harus bereaksi terhadap emosi.

ESTJ lebih mengutamakan fakta dan metode yang tepat dalam menilai sesuatu, dia suka lupa untuk memikirkan kepekaan dan perasaan orang lain. Pandangannya ini juga yang bahkan bikin dia jadi terkesan kasar. Dia lebih fokus pada dirinya sendiri dan sulit mengekspresikan emosi serta empati pada orang lain.

Dalam hubungan dengan orang kesayangannya pun ESTJ suka kebingungan ketika harus membantu permasalahan yang berhubungan dengan emosi, lho. Enggak heran kalau mereka jadi terkesan cuek, bukan?

5. ESTP

Living in the moment adalah moto hidup seorang ESTP. Dia merupakan pribadi yang energik dan selalu senang untuk belajar hal-hal baru. Individu berkepribadian ESTP juga bukan tipe orang yang terlalu emosional dan mudah tersinggung. Meskipun jarang terkesan dingin, tapi ESTP bisa jadi pribadi yang cuek, lho.

Situasi yang melibatkan emosi bisa terasa enggak nyaman untuknya, dikarenakan emosi dan perasaan merupakan opsi kedua bagi para ESTP. Dalam beberapa kondisi, seorang ESTP bahkan bisa enggak sengaja menyakiti orang lain karena sifatnya yang kurang peka tersebut.

Namun, ketika berhubungan dengan orang-orang yang disayangi, individu dengan kepribadian ESTP cukup reaktif. Dia bisa sangat terluka bila disakiti oleh orang-orang tersebut dan akan sulit memahami alasan di balik sikap mereka.

6. INTP

Punya kemampuan analitis sangat baik adalah salah satu kelebihan dari seorang INTP yang selalu bikin orang lain terkesan. Dia juga sangat pemikir dan suka menghabiskan waktu sendiri. Enggak heran kalau dia jadi tampak dingin dan agak tertutup.